A Year of Magic :)

So, this is me now :)
yeah I'm wearing hijab and I think that that's the best decision I've ever made for the entire year.
memang banyak banget tantangan yang muncul secara tiba-tiba setelah keputusan ini aku buat, tapi proses perjalanan selalu adalah yang terindah. cukup percaya, berdoa, dan jalani saja.


anywaaayyyyyy, I had a very great year on college last year. meskipun banyak yang bilang tahun ke dua yang berarti termasuk semester 3 dan 4 adalah tahun yang paling berat di program studi tempat aku belajar sekarang, but I absolutely have fun through that time :)

semester 3 benar-benar luar biasa! dengan kapasitas otakku yang terbatas, aku menuruti advice dari banyak pihak kiri kanan untuk "hanya" mengambil 18 sks dengan asumsi waktu yang aku punya tidak akan terlalu banyak tersita untuk perkuliahan. atau dengan kata lain, masih ada waktu "bersenang-senang" :D
ada 5 mata kuliah yang aku ambil untuk menggenapi 18 sks tersebut dan kesemuanya adalah mata kuliah wajib ber-praktikum 1 sks. 1 sks praktikum beda aturan dengan 1 sks kuliah. 1 sks praktikum berarti total 4 jam kerja lab + pengerjaan laporan. dan itu benar-benar "menyenangkan" dengan total 5 sks praktikum di semester 3.
taksonomi tumbuhan, taksonomi hewan, perkembangan hewan, struktur dan perkembangan tumbuhan, dan biokimia mendadak menjadi bayang-bayang setiap detik, setiap menit, setiap hari selama kurang lebih 5 bulan itu. banyak keluhan yang muncul dari teman-teman seperjuangan, banyak juga semangat yang terucap dari bibir mereka masing-masing untuk sesama teman, kadang asa kami putus di tengah jalan, kadang pantang menyerah mendadak menjadi kalimat yang paling memotivasi.
di momen ini persahabatan dan kekeluargaan kami satu angkatan sangat terasa dan secara tiba-tiba kepedulian antar satu sama lain meningkat tajam. kami seolah terikat suatu komitmen kuat untuk terus berjuang bersama, dan jangan ada yang tertinggal. disini semua teruji, menjadi lebih dekat dan lebih baik, atau menjadi lebih jauh dan menyakiti satu sama lain.

untunglah semester yang disebut semester neraka ini berakhir cukup mulus buatku dan di semester inilah akhirnya aku meraih indeks prestasi kumulatif di atas angka 3!
ternyata gak neraka-neraka banget kan kalo dipikir pikir :)


hura-hura liburan yang menyenangkan namun sayang sekali sangat singkat berakhir dan mempertemukan lagi kami semua di semester 4. kalau semester 3 disebut semester neraka, bolehlah semester 4 ini juga punya julukan, yaitu semester JALAN JALAN :D

di semester ini banyak teman-teman yang mulai menambah beban sks menjadi 20 atau 22. aku? tetap 18 dengan janji gak lagi kenal yang namanya mbambet :)
mata kuliah semester ini ada biologi sel, genetika, biologi laut, ekologi tumbuhan, ekologi hewan, dan bahasa indonesia. dengan total 4 sks praktikum.
mata kuliah yang berbau lapangan, punya satu rangkaian acara praktikum yang dinamakan ecology project dan bertempat di Taman Nasional Baluran, Situbondo. INI adalah hal yang paling menyenangkan selama satu semester dan ngangenin banget sampe sekarang.
selama praktikum, aku benar-benar terasa dekat dengan alam. 4 hari di Taman Nasional Baluran dan berteman dengan kera yang dengan asiknya selalu ngendon di depan penginapan di Bekol, bikin aku sadar bahwa alam memberi kita hal yang gak bakal ada habisnya untuk dinikmati. setiap hari disuguhi pemandangan pantai, hutan, gunung, savana, dan kelimpahan makhluk hidup di dalamnya adalah hal yang baru dan menyenangkaaaaannnnn! :D
Pantai Bama, Taman Nasional Baluran

Gunung Baluran

Hutan Baluran









































meskipun laporan praktikum setelahnya yang agak bikin pusing, pengalaman yang berlipat ganda lebih menyenangkannya akan tetap teringat walaupun gak semuanya bisa tertangkap lensa kamera.
selanjutnya ada praktikum genetika sedikit banyak menjadi yang cukup berat semester ini.
Praktikum Crossing Over
Praktikum Telunjuk Pendek




























setelah semua keriangan 4 sks praktikum yang berakhir bahagia dengan nilai yang.. yaaahhh tidak bisa dibilang memuaskan sebenarnya, aku dan beberapa teman menyelundup dalam perjalanan kuliah lapangan mata kuliah Budidaya Hewan Laut ke Jepara!















kebetulan aku sama sekali ga merhatiin kuliah lapangannya, tapi yang aku tahu adalah pantai! namanya Pantai Kartini dan ada penyu raksasa yang nangkring disana :D sayangnya perjalanan ini terlalu singkat dan kurang memuaskan dengan salah satu alasannya adalah aku gak bisa langsung nyebrang ke pulau panjang menuju Karimun Jawa :)

barusan kemarin semester ini dinyatakan selesai dengan keluarnya nilai di website akademik ITS dan alhamdulillah grafik indeks prestasi sementara dan kumulatif ku naik cukup lumayan sebanyak hampir 0,10 angka :D

di akhir semester, aku diberi satu amanah sebagai salah satu dari tim ahli konseptor big event Biologi ITS bernama Biological Opus Fair VII. semoga aku yang belum berpengalaman apa-apa ini bisa menjalankan amanah tersebut dengan baik dan tetap bisa menyeimbangkan kewajibanku pada agama, orang tua, diri sendiri, dan juga pada big event tersebut. amin :)
BIOLOGICAL OPUS FAIR - HIMABITS IN UNITE
tahun ketiga yang akan kami hadapi selanjutnya mungkin akan lebih berat dengan beberapa teman yang mengemban tugas sebagai pengendali himpunan mahasiswa, harapannya kami semua tetap bisa fokus pada akademik dan tidak melalaikan pendidikan karena kami menuntut ilmu dengan bantuan uang negara.

Dan semoga kami tetap menjadi teman, sahabat, keluarga yang saling melengkapi, saling mengerti, dan selalu mendukung satu sama lain :)
BIOLOGI ITS ANGKATAN 2011 - BITS 14 Scylla serrata (italic). lokasi: Pantai Bama, Taman Nasional Baluran, Situbondo




regards,
neneng


Post a Comment

Hey, It's Me! :)

My photo
I'm a girl, I'm a riot, I'm a dreamer. nice to meet you :)

Search

Instagram

Them :)

Categories

story (26) hobby (18) love (16) hobi (15) me (15) renungan (14) you (14) privasi (10) us (9) him (7) secret (7) indonesia (6) oneshot (6) cerpen indonesia (5) kumpulan cerpen (5) picture (5) poem (5) cerita pendek (4) download (3) biodiversitas (2) gossip girl (2) photography (2) sepi (2) Portugal (1) college (1) fauna (1) future (1) jurnal (1) review (1) scylla (1) subtitle (1) year (1)

Most Wanted :)